Rabu, 07 Desember 2011

Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah suatu istilah umum yang dipakai untuk mengatakan adanya invasi mikroorganisme pada saluran kemih. (Agus Tessy, Ardaya, Suwanto, 2001)Infeksi saluran kemih dapat mengenai baik laki-laki maupun perempuan dari semua umur baik pada anak-anak remaja, dewasa maupun pada umur lanjut. Akan tetapi, dari dua jenis kelamin ternyata wanita lebih sering dari pria dengan angka populasi umu, kurang lebih 5 – 15 %.

Infeksi saluran kemih pada bagian tertentu dari saluran perkemihan yang disebabkan oleh bakteri terutama scherichia coli ; resiko dan beratnya meningkat dengan kondisi seperti refluks vesikouretral, obstruksi saluran perkemihan, statis perkemiha, pemakaian instrumen uretral baru, septikemia. (Susan Martin Tucker, dkk, 1998)

Saluran kemih terdiri dari beberapa bagian, yaitu :

  • Ginjal : Berfungsi untuk menyaring semua hasil buangan dari darah & dirubah menjadi air seni/urin.
  • Ureter : Berfungsi untuk menyalurkan air seni/urin dari ginjal ke kandung kemih
  • Kandung kemih : Adalah organ yang berbentuk seperti balon & berfungsi untuk menyimpan air seni/urin sebelum dikeluarkan.
  • Urethra : Adalah saluran pembuangan air seni/urin dari kandung kemih yang melewati penis pada pria atau antara vagina & klitoris pada wanita.
Jenis Infeksi Saluran Kemih
  • Infeksi saluran kemih bagian bawah : Terjadi pada bagian bawah saluran kemih, yang meliputi kandung kemih & urethra. Infeksi yang terjadi pada kandung kemih disebut dengan cystitis, sedangkan yang terjadi pada urethra disebut dengan urethritis
  • Infeksi saluran kemih bagian atas : Terjadi pada bagian atas saluran kemih, yang meliputi ginjal & ureter. Infeksi saluran kemih bagian atas ini lebih serius dibandingkan infeksi saluran kemih bagian bawah karena mempunyai resiko kerusakan pada ginjal.
Penyebab ISK

ISK dapat disebabkan oleh kebiasaan yang tidak baik (kurang minum, menahan kemih), kateterisasi, dan penyakit serta kelainan lain. serta berhubungan dengan gonta ganti pasangan..yang kita tidak tau juga kalau pasangan itu membawa bakteri dari pasangan lain. terutama kalau sitem ketahanan tubuh sudah berkurang, apa saja jenis bakteri akan sangat gampang sekali masuk ke dalam tubuh.

Pencegahan Infeksi Saluran Kemih
  • Perbanyak minum air
  • Berceboklah dengan cara dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri dari anus masuk ke vagina atau uretra.
  • Bersihkan alat vital Anda sebelum berhubungan
  • Buang air kecil setelah berhubungan seksual untuk membersihkan bakteri dari saluran kencing
  • Jangan menahan kencing bila Anda ingin buang air kecil
  • Mandi dengan gayung/shower, tidak dengan bath tub
Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih Dengan Obat Herbal Infeksi Saluran Kemih

Cara mengatasi infeksi saluran kemih adalah dengan menggunakan obat herbal infeksi saluran kemih xamthone plus.Seperti penjelasan diatas bahwa penyebab infeksi saluran kemih adalah bakteri, Kita ketahui bahwa obat herbal infeksi saluran kemih xamthone plus terbuat dari manggis yang mempunyai kandungan antioksidan xanthones  yang sangat tinggi.Xanthone ini sangat  efektif membasmi  berbagai bentuk bakteri penyebab penyaki.Lebih lengkapnya tentang bagaimana cara mengatasi infeksi saluran kemih dengan xamthone plus silakan lihat di postingan obat herbal infeksi saluran kemih.

5 komentar: