Minggu, 18 Desember 2011

Penyebab Dan Cara Pencegahan Penyakit Migrain

Cara Ampuh Menjauhi Migrain Dengan Mengenali Penyebab Dan Cara Pencegahan Penyakit Migrain

Penyakit migrain atu sakit kepala sebelah adalah terdapatnya rasa skit di dalam kepala.Rasa kit ini bisa sangat menjadi-jasi dan seringkali terjadi secara tiba-tiba.Ketika migrain yang terasa adalah rasa sakit yang sangat menyiksa,penderita akan mengalami rasa nyeri seperti dipuluki dan ditarik-tarik.Biasanya penderita migrain akan lebih sensitif terhadap cahaya dan bau-bauan.Kondisi seperti ini tentu akan sangat menggannggu aktivitas.Karena itulah sebisa mungkin jangan terkena migrain,caranya dengan mengenali penyebab dan cara pencegahan penyakit migrain anda akan mudah untuk menghindarinya.Seperti apa penyebab migrain dan cara pencegahan migrain ?Berikut data yang saya kumpulkan dari beberapa sumber:

Faktor penyebab penyakit migrain

Penyakit migrain tidak datang dengan sendirinya,ada beberapa penyebab yang dapat membuat terjadinya migrain atau sakit kepala sebelah ini.Yang termasuk penyebab migrain adalah :
  • Jenis makanan yang di konsumsi : Yang paling berperan menyebabkan migrain adalah makanan yang mengandung lemak, terutama jenis lemak-lemak jahat yang mudah rusak karena proses oksidasi, seperti pemasakan lama dan atau dengan api besar atau pada suhu tinggi.Diantaranya lemak jenuh (contohnya gajih/lemak hewan, kulit ayam, susu berlemak, dll), Kolesterol (contohnya: otak,lidah, dan jeroan,kuning telor,udang, kerang,daging sapi, dll), lemak trans dan lemak tak jenuh jamak. Yang kedua selain lemak adalah bahan makanan yang difermentasikan seperti apem, pukis, tape Selain itu Garam juga merupakan salah satu penyebab migrain.
  • Alergi terhadap aroma yg tajam. Contohnya aroma parfum, aroma body spray, bau asap rokok, bau BBM, aroma durian, petai, jengkol.
  • Tinggal di ruangan dengan udara terpolusi, misalnya ruangan ber AC yang jarang dibersihkan, ruangan fotocopy, ruangan yang baru selesai di cat.
  • Terlalu lama berada dibawah sinar matahari yang terik (antara pukul 11.00 dan 14.00)
  • Sangat lama terpapar radiasi layar monitor komputer atau cahaya fluoresens lampu neon, terutama penggunaan lampu neon tunggal dan atau lampu neon yang cahayanya tidak stabil (bergetar)
  • Diganggu kegaduhan yang tidak bisa dimaklumi, diantaranya bising suara lalu lalang kendaraan, suara bedug bertalu-talu, gonggongan anjing yang terus menerus, ata suara tangisan anak yang berkepanjangan (hehehehe)
  • Perubahan kondisi lingkungan yang tidak diantisipasi, misalnya perubahan suhu udara, perubahan ketinggian daratan, perubahan tingkat kebersihan udara
  • Tidur Nyenyak terlalu lama, melebihi jam rata-rata tidur harian

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab anda mengalami migrain.Hindari sebisa mungkin hal-hal tersebut agar anda tidak terkena migrain.Selain dengan mengetahui penyebab migrain ada baiknya anda juga mengenali apa saja yang dapat anda lakukan untuk menghindari penyakit migrain.Karena dengan mengetahui penyebab dan cara pencegahan penyakt migrain anda akan lebih mudah menghindari penyakit ini.

Pencegahan penyakit migrain

Setiap ahli kesehatan akan mengatakan mencegah lebih baik dari pada mengobati.Memang tidak dipungkiri bagaimanapun pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati suatu penyakit tidak akan lebih baik dari cara pencegahan.Anda tentu tidak ingin mengalami sakit dulu untuk mendapatkan kesehatan bukan?Karena itulah upaya yang paling baik adalah dengan menjaga kesehatan yang dimiliki saat ini.Caranya dengan mencegah penyakti itu mengenai anda.Adapun untuk penyakit migrain,cara pencegahannya sebagai berikut:

  • Kurangi konsumsi alkohol dan kafein .Dengan mengurangi dua jenis minuman ini, Anda dapat mencegah sakit migrain. Hal yang sama berlaku untuk kebiasaan merokok atau terpapar asap. Untuk mengetahui  apa saja makanan dan pemicu migren lainnya, sediakanlah buku catatan harian. Dengan catatan harian, Anda dapat melacak pemicu ketika sakit kepala Anda menyerang dengan melihat apa saja yang Anda makan hari itu. Setelah beberapa minggu, Anda akan mulai melihat pola yang akan membantu Anda mengidentifikasi makanan yang harus dihindari.
  • Jangan kurang tidur .Kurang tidur dan kebiasaan tidur yang buruk merupakan penyebab utama migrain. Pastikan Anda tetap mempertahankan pada jadwal tidur Anda minimal 7 jam sampai 8 jam setiap hari. Namun, Anda harus hati-hati karena tidur yang berlebihan (oversleeping) juga turut berperan dalam memicu migrain kronis.
  • Olahraga teratur .Olahraga yang teratur dapat mengurangi stres yang secara tidak langsung berkontribusi dalam mengurangi terjadinya migrain. Namun, jangan terlalu memberi porsi berlebihan dalam olahraga dan aktivitas fisik karena hal itu bisa menjadi salah satu pemicu migrain. Anda juga dapat mencoba latihan relaksasi seperti yoga atau meditasi.
  • Diet seimbang .Diet dapat memengaruhi migrain. Oleh karena itu, makanlah dengan diet seimbang dan hindari kebiasaan menunda-nunda makan. Diet seimbang yang diikuti dengan olahraga teratur dapat membantu menjaga dan menurunkan berat badan Anda.
  • Cukup minum .Kurang asupan air ternyata juga dapat memicu sakit migrain. Oleh sebab itu, penting untuk Anda minum air secukupnya setiap hari.Hindari stres .Stres merupakan salah satu faktor pemicu untuk sakit kepala yang paling sering. Jadi, belajarlah untuk rileks dan mengurangi stres. Self-hypnosis dan metode relaksasi seperti teknik pernapasan dapat membantu Anda mengurangi serangan migrain. (http://id.shvoong.com http://health.kompas.com)

Itulah informasi tentang penyebab dan cara pencegahan penyakit migrain yang saya kutip dari berbagai sumber.Ingatlah dengan pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati.Jangan biarkan tubuh anda mengalami dulu rasa sakit untuk menikamati kesehatan.Namun bila anda terlanjur mengalami migrain,tidak perlu khawatir karena kini telah ada obat herbal migren yang mampu mengatasi penyakit migren dengan aman.

posted by : jelly gamat

2 komentar: