Minggu, 04 Desember 2011

Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Tiap orang memiliki asam urat di dalam tubuhnya karena tiap metabolisme normal akan menghasilkan asam urat.Yang dimaksud dengan asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Ini juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah.

Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Untuk mensatabilkan kadar asam urat dalam tubuh anda perlu memperhatkan apa yang anda makan karena banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam urat akan membuat kadar asam urat anda meningkat.

Bila anda memiliki masalah asam urat,obat herbal asam urat adalah solusi terbaik untuk anda.Penggunaan obat herbal keamanannya terjamin karena tidak menimbulkan efek samping apapun.Untuk mengoptimalkan kerja obat tersebut anda perlu memperhatikan apa yang anda makan.

Untuk menurunkan asam urat ada beberapa makanan yang perlu untuk anda hindari yaitu:

  • Makanan laut seperti udang, kepiting, remis, dan tiram, cumi-cumi.
  • Minuman yang mengandung alkohol seperti tape, bir, tuak pahit, dll.
  • Makanan kaleng seperti sarden, kornet sapi, dll.
  • Jeroan seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal, dll.
  • Beberapa jenis buah-buahan seperti durian, alpokat, air kelapa muda, emping melinjo, dll
  • Kaldu daging,
  • Jenis makanan yang boleh dikonsumsi dalam jumlah sedikit antara lain :
  • Tahu dan tempe.
  • Ikan, daging kambing, daging ayam, daging sapi.
  • Makanan berlemak seperti santan, margarine, mentega, atau goreng-gorengan. Lemak dapat menghambat pengeluaran asam urat lewat urin.

Selain harus mengurangi konsumsi daging, hati, ayam kalkun dan beberapa jenis ikan yang saya sebutkan diatas, penderita asam urat juga harus mengurangi makan sayuran tertentu. seperti :

1. Bayam
Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang tinggi zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid. Sayangnya bagi orang yang menderita gout atau asam urat, bayam merupakan salah satu sayuran yang harus dihindari karena kandungan purin tinggi.

Menurut tabel makanan AcuMedico, bayam memiliki 57 g purin untuk setiap 100 g bayam.

2. Asparagus
Asparagus tinggi folat dan kalium dan dapat dimakan baik panas atau dingin, setelah dimasak. Asparagus juga merupakan salag satu sayur yang sebaiknya dihindari untuk penderita asam urat karena kandungan purinnya tinffi.

Menurut AcuMedico, kandungan purin 23 g per 100 g asparagus.

3. Kembang kol
Kembang kol adalah sayuran silangan yang tidak sering ditemukan dimasukkan ke dalam makanan lain, tetapi seringkali disajikan dalam campuran sayuran atau sebagai lauk.

Dalam daftar sayuran yang mengandung purin dalam jumlah tinggi, kembang kol juga termasuk salah satunya. Menurut AcuMedico, purin untuk kembang kol adalah 51 g per 100 g kembang kol.

4. Jamur
Ada kisaran 92-17 g purin per 100 g jamur, menurut AcuMedico. Hal ini pada daftar sayuran yang harus dihindari jika Anda mencoba untuk membatasi jumlah asam urat.

Bila ada yang dihindari tentu ada juga yang dianjurkan.Untuk masalah asam urat ada beberaa hal yang bisa membantu anda mengatasi asam urat yaitu:

  • Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang
  • Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan strawberry
  • Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat
  • Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi
  • Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup
  • Jangan minum aspirin
  • Jangan bekerja terlalu keras / kelelahan
  • Pada orang yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, maka sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup.Konsumsi obat untuk mempernudah menurunkan berat badan juga bisa jadi alternatif untuk anda.Namun perlu diperhatikan bahwa obat tersebut harus aman untuk kesehatan anda.Obat herbal pelangsing paling aman bisa menjadi pilihan baik untuk meurunkan berat badan3.
  • Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan tinggi dan berat badan

Itulan beberapa pantangan dan anjuran untuk penderita asam urat.Bila anda ingin mengetahui solusi pengobatan asam urat secara lengkap silakan lihat di obat herbal asam urat

3 komentar:

  1. Mari belajar untu mengerti dan saling berbagi ^^
    salam kenal
    EL @blogger sehat
    ane tunggu kunjungan balik nya ^^

    BalasHapus
  2. sipp dech klo gitu,,, menjauhi pantangan makanan asam urat memang sangat penting,,,,

    BalasHapus
  3. thanks banget infonya nih, kunjungi juga dong artikel saya:
    obat herbal maag kronis
    xamslimer

    BalasHapus