Senin, 26 Desember 2011

Cara Mudah Meredakan Nyeri Punggung

cara mudah meredakan nyeri punggungCara mudah meredakan nyeri punggung.Nyeri punggung bisa terjadi pada siapa saja tidak memandang bulu.Bila sakit punggung terasa akan mengganggu aktivitas,lebih dari itu nyeri punggung perlu tidak bisa dianggap sepele karena bisa jadi nyeri punggung itu sebagai awal atau pertanda ada masalah serius dengan kesehatan tubuh anda.

Secara umun nyeri punggung disebabkan adanya ketegangan pada otot atau karena tidak tepatnya postur tubuh.Nyeri punggung bisa dirasakan ketika baru bagun tidur,biasanya yang menyebabkan rasa sakit ketika bangun tidur karena posisi tidur yang salah ataupun ketika tidur ada gerakan yang tidak stabil.Selain itu nyeri punggung juga bisa terjadi ketika duduk terlalu lama.tubuh terlalu lelah atau ketika mengangkat suatu beban yang berat dan cedera.

Terkadang juga ditemukan kasus nyeri punggung yang terjadi sepanjang waktu dari siang hingga malam tanpa ada penyebab yang jelas.Kasus seperti ini  seringkali mengarah pada penyakit serius seperti infeksi atau tumor tulang yang biasanya diikuti juga dengan demam.

Menurut konsultan ortopedi tulang belakang,ada 6 kelompok penyebab nyeri punggung yaitu trauma,infeksi,adanya perubahan struktur tulang(degenerasi),kelinan bawaan,tumor dan skloliosis yaitu penyakit yang banyak dialami perempuan dan remaja.

Cara Mudah Meredakan Nyeri Punggung

Nyeri pinggang bisa sangat menggangu aktivitas sehari-hari karena itulah perlu dilakukan upaya untuk meredakan rasa nyeri tersebut.Setidaknya ada beberapa cara mudah meredakan nyeri punggung yang bisa anda lakukan.

Kompres dingin

Kompres dingin ini bisa dilakukan ketika pertama kali nyeri punggung muncul.Otot punggung yang sakit biasanya terjadi karena adanya jaringan yang meradang.Cara yang tepat untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi dapat dilakukan dengan kompres dingin.Kompres dingin dilakukan ketika merasa sakit selama 10 menit beberapa kali sehari selama 3 hari.

Kompres Panas

Kompres panas bisa membantu mengatasi sakit punggung setelah 3 hari.Dilakukan beberapa kali sehari dengan durasi 15 menit selama 3 hari.kompres panan baik untuk membantu meredakan nyeri punggung yang telah akut.Tapi jangan tergesa-gesa melakukan kompers panas pada nyeri punggung yang baru terjadi karena bisa memperburuk peradangan.

Latihan Fisik Ringan

Saat punggung terasa nyeri sebaiknya lakuakan latihan fisik ringan seperti berjalan kaki,bersepeda,dan olah raga air yang mampu mengatsi gangguan otot yang terjadi.Untuk hasi yang optimal latihan fisik ringan baik dilakukan selama 30 menit selama 3 kali dalam seminggu.

Akupunktur

Sistem pengobatan tradisional China ini diyakini bekerja menyeimbangkan aliran energi dalam tubuh. Menurut Moon, teknik ini aman dan cocok dianjurkan kepada pasien penderita sakit punggung."Ada bukti yang menunjukkan bahwa teknik ini efektif," terang Moon, seperti dikutip situs webmd.com.

Terapi pijat

Beberapa tipe pijat bisa membantu meredakan sakit punggung."Menurut saya, ada cukup bukti yang menganjurkan penggunaan pijat dalam mengatasi sakit punggung bawah," terang Moon. Terapi pijat, menurut Moon, sebaiknya dipadukan dengan pengobatan lainnya.

Gerakan secara sadar (mindful movement)

Terapi ini termasuk yoga dan tai chi, yang bisa Anda temukan di banyak gym. Posisi dan tipe gerakan yang digunakan dinyatakan bisa membantu meredakan sakit punggung Anda.

Mengganti kasur dengan yang baru

Rasa salit yang terjadi ketika bangun tidur ini bisa saja disebabkan kondisi kasur yang sudah tidak baik lagi.Biasanya setelah 8 atau 9 tahun kasu akan mulai memberikan ketidaknyamanan karena mengganti dengan yang baru bisa membantu mengatasi nyeri punggung.Berlawanan dengan kepercayaan populer, bahwa kasur yang lebih kaku tidak selalu lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kasur dengan kekakuan sedang adalah yang terbaik.Saat ini banyak penawaran kasur yang baik untuk meredakan nyeri punggung,jangan mudah percaya karen hal itu belum tentu benar.

Mengkonsumsi kalsium
Kalsium membantu membentuk tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis pada tulang belakang. Jika sakit pada punggung belum terlalu parah, biasakan mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti susu, sayuran berdaun hijau, wijen, keju, yoghurt dan ragi. Tulang ikan juga merupakan sumber kalsium. Untuk mengonsumsinya, masak dengan cara dipresto atau pepes agar tulangnya lunak dan bisa dimakan.

Selain itu ada juga beberapa  cara mudah meredakan nyeri punggung yang bisa anda lakuakan ketika nyeri itu dirasakan:

  • Jika kelebihan berat badan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menurunkan berat badan. Dengan begitu, Anda tidak akan harus menanggung tekanan ekstra.
  • Pijat punggung dengan minyak bawang putih dan minyak kayu putih untuk meringankan rasa sakit dan peradangan.
  • Minum segelas air hangat dicampur dengan satu sendok makan madu untuk menenangkan rasa nyeri.
  • Kekurangan vitamin C membuat orang rentan terhadap sakit punggung. Oleh karena itu, tingkatkan asupan vitamin C dalam makanan Anda.
  • Letakkan handuk yang telah diperas setelah direndam dalam air panas yang diberi garam di bagian belakang tubuh. Cara ini akan mambantu meredakan rasa nyeri.
  • Jangan duduk di posisi yang sama selama beberapa jam. Duduklah tegak dan jangan membungkuk. Postur tubuh yang buruk hanya akan memperparah sakit punggung.

Itulah beberapa cara yng bisa anda lakukan untuk membantu meradakan nyeri punggung.Untuk cara alami meredakan dan mengobati nyeri punggung bisa dengan menggunakan xamthone plus jus manggis.Klik disini untuk informasi lengkapnya>> cara pemesanan xamthone plus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar