Minggu, 11 Desember 2011

Khasiat Buah Apel Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal buah apel,buah dengan permukaan kulit mengkilap ini memiliki rasa yang khas.Hampir semua orang menyukai buah ini.Ternyata selain rasanya yang enak itu,buah apel juga memiliki khasiat yng sangat banyak untuk kesehatan.Tahukah apa saja khasiat buah apel itu?

Sekilas tentang Apel

Pohon apel merupakan pohon yang kecil dan berdaun gugur, mencapai ketinggian 3 hingga 12 meter, dengan tajuk yang lebar dan biasanya sangat beranting.Daun-daunnya berbentuk lonjong dengan panjang 5 – 12 cm dan lebar 3 – 6 centimeter. Bunga apel mekar di musim semi, bersamaan dengan percambahan daun. Bunganya putih dengan baur merah jambu yang berangsur pudar. Pada bunga, terdapat lima kelopak, dan mencapai diameter 2.5 hingga 3.5 cm. Buahnya masak pada musim gugur, dan biasanya berdiameter 5 hingga 9 centimeter. Inti buah apel memiliki lima gynoecium yang tersusun seperti bintang lima mata, masing-masing berisi satu hingga tiga biji.

Kasiat Buah Apel Untuk Kesehatan

Buah dengan tampilan menarik ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.Berikut adalah beberapa manfaat utama buah apel untuk kesehatan yang kami kulit dari laman Shine:

1. Mereka Makanan Lambat
Dikemas dengan kandungan serat lima gram mampu memenuhi 20 persen dari nilai asupan gizi harian Anda. Tekstur buahnya yang renyah bisa memaksa Anda untuk berusaha mengunyah. Kegiatan ini bermanfaat sebagai pengganti senam wajah.

Selain itu, pemanis alami dalam apel mampu memasuki aliran darah secara bertahap, membantu menjaga kadar gula darah dan tingkat insulin stabil sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Melindungi Paru dan Mencegah Asma
Berdasarkan penelitian yang dikembangkan dari Britania Raya menyatakan, wanita yang mengonsumsi buah apel secara rutin saat mengandung bisa memberikan keuntungan kesehatan pada bayi yang akan dilahirkannya.

Selain itu, konsumsi apel bisa mencegah anak mengembangkan penyakit asma ketika usianya mencapai lima tahun. Buah ini juga dapat melindungi paru-paru orang dewasa, menurunkan resiko asma, kanker paru-paru, dan penyakit lainnya. Adapun untuk pengobatan radang paru-paru kini sudah ada pengobatan herbal yang aman dan tanpa efek samping.

3. Pengikis Kolesterol
Berkat dua komponen kunci, pektin (sejenis serat) dan polifenol (antioksidan kuat), apel dapat mengambil mereduksi kadar kolesterol darah dan mencegah oksidasi LDL ("buruk") kolesterol, proses kimia yang mengubah menjadi plak penyumbatan arteri.

Trik untuk memaksimalkan manfaatnya, jangan membuang kulitnya, kulit apel memiliki dua sampai enam kali senyawa antioksidan seperti daging.

4. Melawan Kanker
Lab penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa senyawa dalam buah berair dan berdaging renyah ini mampu membunuh pertumbuhan sel kanker. Namun, khasiatnya akan bekerja baik jika buah ini dikonsumsi secara utuh.

Orang yang mengunyah lebih dari satu hari lebih, berisiko rendah menderita kanker, mulai dari kanker mulut, esofagus, usus besar, payudara, ovarium, prostat, dan lain-lain. Para penelitia Italia memperkirakan, mereka yang mengonsumsi apel secara rutin bisa mencegah penyakit mematikan ini 42 persen.

5. Mencegah Pikun Dikemudian Hari
Mungkin karena mereka meningkatkan produksi asetilkolin, zat kimia yang mentransmisikan pesan antara sel-sel saraf, sehingga kandungan apel mampu menjaga ketajaman otak seiring pertambahan usia, meningkatkan memori, dan berpotensi mengurangi kemungkinan mendapatkan penyakit Alzheimer.

Itulah manfaat dari buah apel.Dengan manfaatnya itulah apel menjaDdi sangat baik untuk dikonsumsi.Cara Konsumsi langsung mungkin menjadi cara yang umum dan banyak di lakukan,tapi tahukan anda bahwa kini telah ada minuman kesehatan yang didalamnya terkandung khasiat dari buah apel serperti yang telah dijelaskan diatas? Minuman kesehatan itu adalah xamthone plus yang terbuat dari bahan utama berupa kulit manggis dan keseluruhan buah manggis ditambah dengan campuran apel,anggur(lihat juga manfaat buah anggur),madu dan rosela.Tentang manfaat buh manggis,amda tak perlu ragu,manggis adalah ratu dari segala macam buah.

Menurut Dr. Berna Elya, peneliti di Departemen Farmasi Universitas Indonesia, khasiat xanton bukan hanya antioksidan, tapi juga antikanker. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, ekstrak ini juga bersifat apoptosis, penghancur sel kanker.

Xantone mampu merawat beberapa jenis kanker seperti kanker hati, pencernaan, paru-paru. Xanton dalam kulit manggis juga ampuh mengatasi penyakit tuberkulosis (TBC), asma, leukemia, serta sebagai antiinflamasi dan antidiare. Diungkapkan Dr. Berna, selain antikanker dan antioksidan, juga mujarab untuk mengatasi jantung koroner dan meningkatkan daya tahan tubuh, terutama bagi pengidap HIV/AIDS.

Hasil penelitian menunjukkan, ekstrak kulit manggis mempunyai aktivitas melawan sel kanker payudara, lever, dan leukemia. Juga biasa digunakan sebagai antihistamin, antiinflamasi, menekan sistem saraf pusat, dan penurun tekanan darah tinggi.Untuk manfaat lengkapnya klik manfaat xamthone plus

Khasiat buah manggis sangat luar biasa bukan,bisa anda bayangkan bila kasiat manggis itu ditambah dengan buah apel,Tentu akan sangat baik untuk dikonsumsi bukan?Bila anda ingin merasakan sendiri khasiat minuman ini silakan klik cara pemesanan xamthone plus

2 komentar: