Senin, 05 Desember 2011

Pola Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan

Tidur merupakan kebutuhan yang penting.Setelah seharian tubuh bekerja keras istirahat yang berkualitas diperlukan untuk mengembalikan kebugara tubuh yang lelah.Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan baik untuk kesehatan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang bagaimana pola tidur yang baik untuk kesehata.Istirahat tidur tergantung pada usia dan kebiasaan pada setiap individu. Bayi dan anak-anak memerlukan tidur lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Pada orang dewasa istirahat secara relax dan santai juga sangat diperlukan selain daripada tidur yang sebenarnya. Berdasarkan jenis pekerjaannya, bagi yang bekerja lebih banyak menggunakan aktivitas otak/pikirannya memerlukan lebih banyak tidur dibandingkan dengan orang yang bekerja dengan fisiknya. Orang-orang yang lemah dan sakit-sakitan jelas memerlukan lebih banyak tidur daripada orang sehat. Data dari The National Sleep Foundation, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa bayi harus tidur sekitar 80 persen dalam sehari. Sementara bagi orang dewasa sekitar 30 persen dari waktu 24 jam atau sekitar 7-9 jam sebaiknya dipergunakan untuk tidur.
Tidur yang terlalu lama malah dapat mengakibatkan tubuh kita menyerap / mengasimilasi limbah dan uap-uap kotor lagi. Dan hal ini berdampak buruk bagi kesehatan. Sedangkan bila kurang waktu tidur juga merugikan kesehatan karena tubuh kita tidak diperbaharui dan dipulihkan lagi.

Berikut beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk memperoleh tidur yang berkualitas untuk kesehatan:

1. Upayakan untuk membiasakan diri memulai waktu tidur dan bangun secara teratur. Bila kita sudah terbiasa dengan pola waktu tidur, hal ini akan secara otomatis akan terbawa seterusnya. Oleh karena itu hindari tidur terlalu larut malam agar tubuh mendapat waktu yang cukup untuk melakukan metabolisme hinga keesokan harinya.

2. Perhatikan pola makan yang teratur. Hindari makan yang berlebihan di malam hari. Waktu yang tepat untuk mulai tidur di malam hari adalah minimal 2 jam setelah waktu makan malam. Bila memungkinkan upayakan agar jadwal waktu makan malam tidak melewati pukul 19.00, hal ini dimaksudkan agar tubuh masih memiliki waktu untuk melakukan proses pencernaan.

3. Sedapat mungkin atur jadwal kegiatan atau aktivitas yang masih dilakukan dirumah  khusunya di malam hari. Hindari aktivitas yang menyita mental dan pikiran saat  menjelang tidur. Bila memungkinkan hentikan semua aktivitas setelah pukul 21.00 – 10.00. Hal ini dapat mempengaruhi dan menyita pikiran sehingga dapat berakibat  sulit tidur. Pada saat memulai tidur, lupakan sejenak semua beban pikiran dan  tenangkan pikiran agar dapat tidur nyenyak dan lelap.

4. Aktivitas ini dapat dilakukan pada saat setelah bangun di pagi hari setelah matahari terbit adalah berolah raga yang teratur. Hal ini berdampak agar tidur dapat menjadi nyenyak di malam harinya nanti.

5. Dalam kondisi sulit tidur yang dikarenakan masih adanya beban pikiran baik untuk  yang sudah bekerja maupun pelajar /mahasiswa, untuk dapat membantu kita agar dapat segera tidur selain melupakan sejenak beban pikiran adalah mengkonsumsi  segelas susu hangat, mandi air hangat, mendengarkan musik dan menciptakan  suasana tidur yang nyaman seperti mengatur cahaya (mematikan lampu), mengatur suhu yang sesuai dan sejuk juga kelembaban kamar.

Selain itu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan mengenai bagamana posisi tidur yang baik untuk kesehatan.

  1. Posisi tidur yang tidak baik, seperti posisi melingkar, dapat menyebabkan sakit punggung. Mulailah tidur dengan posisi telentang dengan bantal di bawah lutut, ini untuk melenturkan panggul bagian belakang. Selain itu, posisi tidur yang direkomendasikan adalah miring dengan menghadap ke kanan. Hal itu dikarenakan tubuh lebih rileks dan jika menghadap kiri, maka tubuh tidak akan menekan jantung yang berada pada dada bagian kiri. Namun bila tidur anda miring menghadapke kanan, maka posisi jantung anda berada dibawah dan tubuh anda secara otomatis menekan kerja jantung anda, sehingga kerja jantung anda tidak maksimal.
  2. Udara dingin membuat kita tidur dengan posisi melingkar. Oleh karena itu, turunkan suhu AC kamar (bila di kamar terdapat AC) atau gunakan selimut yang lebih tebal. Jangan tidur dengan jendela terbuka karena dapat menyebabkan udara kotor masuk.
  3. Hindari obat pembasmi serangga dan pengharum ruangan yang mengandung bahan kimia dapat  hari, dan jangan masuk kamar setidaknya 2 jam sehabis disemprot obat pembasmi serangga.menyebabkan gangguan pada kulit, hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Sebaiknya bersihkan kamar di pagi
  4. Posisi tidur telungkup membuat kita tidak bisa bernapas dengan baik dan menyebabkan insomnia kronis. Jadi hindarilah tidur dengan posisi tengkurap.
  5. Jangan terlalu banyak tidur karena bisa membuat kepala pusing. Dan tentunya pekerjaan anda akan terbengkalai bila anda terlalu banyak tidur. Bisa juga tubuh anda kurang sehat.(dari berbagai sumber)

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tidur yang baik untuk kesehatan.Bila anda mengalami masalah kesehatan berupa gangguan tidur atau insomnia,kami memiliki solusi yang tepat.Informasi lengkapnya bisa anda klik obat herbal insomnia.

10 komentar:


  1. terima kasih telah berbagi berita yang telah anda berikan.
    salam sejahtera Indonesia ***

    BalasHapus
  2. Waw rasa ngantuk saya jadi hilang setelah baca artikel bapak,, makasih pak!!!!***

    BalasHapus
  3. share nya semoga bermanfaat dan bertambah lagi ilmunya !!! trimakasih atas infonya pencerahan baru untuk saya ***

    BalasHapus
  4. terima kasih artikelnya yang luar biasa ini ..
    sering-sering mas kasih artikel untuk kebaikan situsnya juga...***

    BalasHapus
  5. senangnya baca informasi ini, sangat bermanfaat. Ijin share link-nya ke teman-teman biar mereka tahu semua.***

    BalasHapus
  6. saya sungguh senang baca artikel yang bapa berikan sangat bagus,***

    BalasHapus
  7. Informasinya boleh banget nih.
    terimakasih ya atas informasinya***

    BalasHapus

  8. informasi yang sangat bagus untuk disimak..terimakasih pak.***

    BalasHapus